Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Berinvestasi Tanah

Anda seorang pegawang yang ingin mempunyai penghasilan di luar kerjaan? Silahkan Anda coba investasi.

Namun apakah Anda masih belum tahu investasi apa yang harus Anda lakukan? Maka Anda bisa mencoba investasi tanah.

Tanah merupakan kebutuhan wajib untuk manusia dan sebuah investasi yang sangat menjanjikan karena harganya yang selalu mengalami kenaikan.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Berinvestasi Tanah

Lalu apa keuntungannya investasi tanah? Salah satunya seperti yang sudah disebutkan diatas yaitu harganya yang setiap tahun selalu mengalami kenaikan. Itu sebabnya tidak sedikit orang yang ingin berinvestasi properti khususnya tanah.

Nantinya, tanah yang Anda miliki dapat Anda gunakan untuk keperluan pribadi seperti membangun rumah, kontrakan, atau bahkan ruko yang disewakan. Seperti salah satu contohnya sebuah kawasan kebun, villa dan resort kampung kurma yang menyediakan investasi kavling kebun buah kurma dengan mengambil keuntungan dari buah kurma pada saat panen yang jika dihitung dapat menghasilkan 35 sampai dengan 90 juta pertahun.

Mulai saat ini, Anda harus mempertimbangkan investasi tanah, karena dilihat dari pertumbuhan manusia yang setiap tahun selalu melambung tinggi dan kebutuhan tanah semakin di cari maka akan menyebabkan harga tanah yang terus merangkak naik.

Tinggi rendahnya harga tanah tidak terlepas juga dari wilayah sekitar. Setiap daerah memiliki harga tanah yang berbeda-beda pula.

Selain wilayah, ada beberapa hal lagi yang dapat mempengaruhi harga tanah diantaranya: faktor ekonomi dari wilayah tersebut, keadaan tanahnya, serta kepadatan penduduk disekitar lokasi.

Meski berinvestasi tanah memang hal yang sangat menguntungkan, namun bukan berarti tidak memiliki kelemahan. Nah, untuk menghindari Anda dari kelemahan berinvestasi tanah yang dapat menyebabkan kerugiah, maka silahakn simak beberapa faktor berikut yang dapat Anda pertimbangkan untuk meminimalisir terjadinya resiko yang besar.


Kelengkapan dan Legalitas Surat Tanah


Menurut saya ini adalah hal yang paling penting sekali dalam berinvestasi tanah. Disinilah biasaya letak kelemahan utama dari investasi properti termasuk tanah.

Berbicara tentang legalitas berarti berbicara tentang hak atas tanah tersebut. Hak tanah itu bermacam-macam jenisnya, diantaranya adalah: hak pakai, hak sewa dan hak milik.

Jika niat Anda investasi tanah dengan cara memilikinya maka Anda wajib memastikan surat tanah tersebut hak milik bukan hak sewa atau hak pakai saja. Anda perlu memeriksa secara teliti surat-surat atas tanah tersebut lengkap dan jelas.

Jika Anda khawatir karena tidak paham tentang halphal semacam itu, maka Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa menyerahkannya pada ahlinya yaitu notaris yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Lokasi Dimana Tanah Tersebut Berada


Lokasi dimana tanah berada juga tidak dapat di anggap sebelah mata. Pasalnya hal ini pula yang nantinya akan menentukan seberapa besar kenaikan harga tanah yang ingin di investasikan.

Secara garis besar faktor yang dapat mempengaruhi tajamnya lonjakan harga tanah adalah dekat dengan pusat bisnis dan industri.

Selain itu Anda juga dapat mempertimbangkan lokasi tanah yang akan mengalami perkembangan di wilayah sekitar seperti akan dibangunnya pusat pendidikan, pusat bisnis dan industri, proyek milik pemerintahan dan lain-lain.

Nah ada hal lain yang tidak kalah penting dalam menentukan lokasi tempat Anda berinvestassi yaitu keadaan di sekitar lokasi, apakah rawan terjadi bencana atau tidak. Bencana yang umum terjadi biasanya banjir atau tanah longsor. Selain itu, biasanya orang juga tidak terlalu suka dengan lokasi yang berdampak buruk bagi kesehatan seperti dekat dengan tempat pembuangan sampah atau pembuangan limbah serta kuburan.

Solusinya, Anda dapat bercakap-cakap dan berbincang dengan warga sekitar lokasi dimana Anda akan berinvestasi. Kenapa demikian? Karena warga sekitar tentu saja lebih tahu keadaan di lokasi tersebut. Nantinya kita bisa mengeruk informasi sebanyak mungkin tentang lokasi tersebut pada warga sekitar.

Satu kelemahan yang biasanya sering terjadi ketika berinvestasi tanah adalah mudah tergiur dengan keuntungan yang sebetulnya belum seberapa.

Ada kalahnya seseorang yang kurang memiliki informasi perkembangan wilayah sekitar mudah sekali menjual tanahnya hanya karena merasa sudah untung. Padahal di wilayah sekitar diperkirakan akan mengalami kenaikan yang jauh lebih besar.

Saran saya, jangan terlalu terburu-buru untuk menjual aset tanah Anda kepada orang lain jika memang Anda tidak mengetahui keadaan wilayah sekitar kedepannya bagaimana. Sekitan dan terima kasih

0 Response to "Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Berinvestasi Tanah"

Post a Comment